Pendapat Islam Tentang Alam Semesta

Bagaimana pendapat ajaran Islam tentang warisan pengetahuan dari kedua Teori Alam Semesta itu , tentu perlu pengkajian secara baik dan benar , sehingga nyata apa yang benar Teori Geosentris atau Teori Heliosentris .

Perhatikanlah Firman Allah SWT dalam Al-Qur'an sebagai berikut yang artinya :
* "Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar, Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan (beredar) menurut waktu yang ditentukan, Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun" . ( Q.S. Az Zumar : 5 ) .

* "Tidakkah kamu memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan Dia tundukkan matahari dan bulan masing-masing berjalan (beredar) sampai kepada waktu yang ditentukan, dan sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan" .
( Q.S. Luqman : 29 ) .

* "Dia memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan . Yang (berbuat) demikian itulah Allah Tuhanmu, kepunyaan-Nya-lah kerajaan. Dan orang-orang yang kamu seru (sembah) selain Allah tiada mempunyai apa-apa walaupun setipis kulit ari" . ( Q.S. Fatir : 13 ) .

* "Dan matahari berjalan di tempat peredarannya . Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui" .
* "Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah (lintasan-lintasan), sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai bentuk tandan yang tua" .
* "Tidaklah mungkin bagi Matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang . Dan masing-masing beredar (berjalan) pada garis edarnya" . ( Q.S. Yasin : 38 , 39 , 40 ) .

* "Matahari dan Bulan (Beredar) menurut perhitungan" . (Q.S. Ar Rahman : 5 ) .

* "Dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu matahari dan bulan yang terus menerus beredar (dalam orbitnya); dan telah menundukkan bagimu malam dan siang" . ( Q.S. Ibrahim : 33 ) .


* "Dan Dia-lah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan . Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya .
( Q.S. Al Anbiya : 33 ) .


Q.S. Ar Ra'd :
1). Alif lam raa , Ini adalah ayat-ayat Alkitab (Al Quran) . Dan Kitab yang diturunkan kepadamu daripada Tuhanmu itu adalah benar; akan tetapi kebanyakan manusia tidak beriman/tidak percaya/(kepadanya) .
2). Allah-lah Yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arasy, dan menundukkan matahari dan bulan . Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan . Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan (mu) dengan Tuhanmu .
3). Dan Dia-lah Tuhan yang membentangkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai padanya . Dan menjadikan padanya semua buah-buahan berpasang-pasangan, Allah menutupkan malam kepada siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan .
( Q.S. Ar Ra'd : 1 s/d. 3 ) .

Q.S. Al Jasiyah :
13). Dan Dia menundukkan untukmu apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi semuanya, (sebagai rahmat) dari pada-Nya . Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berpikir .
18). Kemudian kami jadikan kamu berada di atas suatu syariat (peraturan) dari urusan (agama) itu, maka ikutilah syariat itu dan janganlah kamu ikuti hawa nafsu orang-orang yang tidak mengetahui .
22). Dan Allah menciptakan langit dan bumi dengan tujuan yang benar dan agar dibalasi tiap-tiap diri terhadap apa yang dikerjakannya, dan mereka tidak akan dirugikan .
23). Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya dan Allah membiarkannya sesat berdasarkan ilmu-Nya dan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya dan meletakkan tutupan atas penglihatannya ? . Maka siapakah yang akan memberinya petunjuk sesudah Allah (membiarkannya sesat) . Maka mengapa kamu tidak mengambil pelajaran ? .
36). Maka bagi Allah-lah segala puji . Tuhan langit dan Tuhan bumi, Tuhan Alam semesta .
37). Dan bagi-Nya-lah keagungan di langit dan di bumi . Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana .
( Q.S. Al Jasiyah : 13, 18, 22, 23, 36, 37 ) .

Demikianlah beberapa dari sebagian Firman Allah SWT dalam Al Quran yang menerangkan tentang Alam Semesta yang siap untuk dikaji dan dipahami , dimana Firman Allah yang menerangkan Alam Semesta termasuk didalam ayat-ayat yang jelas maknanya atau jelas artinya , yang disebut sebagai ayat-ayat yang Muhkamaat atau ayat-ayat yang terang dan tegas maksudnya .

Selanjutnya Firman Allah SWT yang menerangkan tentang alam semesta bukan termasuk ayat-ayat yang Mutasyaabihaat , atau ayat yang sulit dipahami dan tidak dapat dimengerti atau Mutasyaabihaat , karena misalnya Allah SWT tidak menerangkannya dengan jelas berulang ulang tentang hal tersebut .

Islam mengajarkan ummatnya untuk selalu meyakini atau beriman kepada segala firman-Nya , sebagaimana tersurat dalam perintah-Nya pada bagian akhir firman Allah SWT dalam Al Quran Surat Ali 'Imran : 7 , yang artinya ;
" Dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata : "Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyaabihaat , semuanya itu dari sisi Tuhan kami" . Dan tidak dapat mengambil pelajaran (dari padanya) melainkan orang-orang yang berakal . ( Q.S. Ali 'Imran : 7 ) .

No comments:

Post a Comment